Pembelajaran tematik adalah sebuah pembelajaran yang dikemas ke dalam bentuk tema yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang disajikan dalam satu wadah yang terpadu.
pembelajaran tematik merupakan salah satu dari model-model pembelajaran yang dipadukan/terpadu (integrated instruction) yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang menekankan siswa, baik secara individual maupun secara kelompok, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik.
Sehingga dalam kegiatan pembelajaran, siswa secara aktif diarahkan untuk terlibat. Hal inilah yang mendasari terbentuknya pembelajaran tematik dan menghilangkan serta menolak proses latihan/hafalan (driil), dan monoton, sebagai dasar untuk menanamkan dan membentuk pengetahuan dan struktur intelektual pada anak Madrasah Ibtidaiyah secara holistik.
Mengingat pentingnya pelajaran tematik tersebut, MIN bugangin melakukan pembelajaran tema yang dilaksanakan di Kebun Binatang Mangkang Jum'at (8/4). Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 1 ini dipandu dan dibimbing oleh guru kelas sejumlah 3 orang.
Dengan Kegiatan pembelajaran tema di luar kelas ini diharapkan siswa mendapat pengalaman dan kegiatan belajar akan selalu relevan dan tingkat perkembangan siswa. Kegiatan-kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sesuai dengan dan berolak dari minat dan kebutuhan anak. Seluruh kegiatan lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar dapat bertahan lebih lama. Pembelajaran tematik dapat menumbuhkembangkan ketrampilan berpikirsiswa. Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui siswa dalam lingkunganya. Menumbuhkembangkan ketrampilan social siswa seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, dan respek terhadap gagasan orang lain.