Kendal – Pastikan pelayanan prima, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal lakukan survey kepuasan pada pengguna layanan Kemenag, baik dari madrasah, Pondok Pesantren, haji umrah dan pelayanan umum lainnya, Kamis (16/12).
Dikatakan Mahrus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal bahwa pentingnya pelaksanaan survey kepuasan adalah sebagai bahan evaluasi internal, yang pada akhirnya akan didapat formula yang tepat dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
“Dari mana kita tahu kualitas pelayanan kalau bukan dari suara-suara masyarakat, dari situ kita akan bisa melakukan evaluasi apa saja yang perlu diperbaiki,” jelas Mahrus.
Survei kepuasan pelayanan publik dilakukan dengan mengukur beberapa variabel. Diantaranya prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan. Variabel juga meliputi kesopanan dan keramahan petugas, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan dan keamanan pelayanan.
Dari survei tersebut diperoleh hasil sebanyak 52% masyarakat merasa sangat puas dengan pelayanan di Kementerian Agama Kabupaten Kendal, 32% merasa puas, 14% merasa cukup puas, 2% kurang puas dan 0% tidak puas.
Dapat disimpulkan secara komprehensif kondisi pelayanan Kemenag Kendal belum sepenuhnya sesuai dengan keinginan dan harapan pengguna layanan, maka dari itu masih perlu adanya pembenahan guna mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai percepatan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (bel)