• Beranda
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • Sejarah
  • Berita
    • Penyelenggara Haji Dan Umroh
    • Penerangan Agama Islam Zakat Dan Wakaf
    • Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
    • Laporan Kinerja Kemenag Kendal
    • Renstra Kemenag Kendal Th 2020-2024
    • Pengumuman Rekrutmen Petugas Haji 2025
    • Pengumuman Seleksi Administrasi Calon Petugas Haji 2025
  • PPID
    • Profil PPID
    • Informasi Berkala
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
    • Informasi Publik
    • Informasi yang dikecualikan
  • Layanan Umum
    • si-lobster (layanan online)
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Kontak
  • Data
    • Data Kepegawaian
    • Data Pendidikan Keagamaan
    • Data Pondok Pesantren
    • Data KUA dan Layanan Keagamaan
    • Data Peristiwa Nikah dan Cerai
    • Data Keagamaan dan Kependudukan
    • Data Haji dan Umrah
  • FAQ
12 November 2025
  • Login
Kementerian Agama Kabupaten Kendal
  • Beranda
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • Sejarah
  • Berita
    • Penyelenggara Haji Dan Umroh
    • Penerangan Agama Islam Zakat Dan Wakaf
    • Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
    • Laporan Kinerja Kemenag Kendal
    • Renstra Kemenag Kendal Th 2020-2024
    • Pengumuman Rekrutmen Petugas Haji 2025
    • Pengumuman Seleksi Administrasi Calon Petugas Haji 2025
  • PPID
    • Profil PPID
    • Informasi Berkala
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
    • Informasi Publik
    • Informasi yang dikecualikan
  • Layanan Umum
    • si-lobster (layanan online)
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Kontak
  • Data
    • Data Kepegawaian
    • Data Pendidikan Keagamaan
    • Data Pondok Pesantren
    • Data KUA dan Layanan Keagamaan
    • Data Peristiwa Nikah dan Cerai
    • Data Keagamaan dan Kependudukan
    • Data Haji dan Umrah
  • FAQ
Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
  • Beranda
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • Sejarah
  • Berita
    • Penyelenggara Haji Dan Umroh
    • Penerangan Agama Islam Zakat Dan Wakaf
    • Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
    • Laporan Kinerja Kemenag Kendal
    • Renstra Kemenag Kendal Th 2020-2024
    • Pengumuman Rekrutmen Petugas Haji 2025
    • Pengumuman Seleksi Administrasi Calon Petugas Haji 2025
  • PPID
    • Profil PPID
    • Informasi Berkala
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
    • Informasi Publik
    • Informasi yang dikecualikan
  • Layanan Umum
    • si-lobster (layanan online)
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Kontak
  • Data
    • Data Kepegawaian
    • Data Pendidikan Keagamaan
    • Data Pondok Pesantren
    • Data KUA dan Layanan Keagamaan
    • Data Peristiwa Nikah dan Cerai
    • Data Keagamaan dan Kependudukan
    • Data Haji dan Umrah
  • FAQ
Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
Beranda Pendidikan Madrasah

Pelatihan Budaya Pelayanan Prima, Kemenag Kendal Bangun ZI

oleh admin
Desember 6, 2021
Dalam Kategori Pendidikan Madrasah
Durasi Membaca: 2 Menit
A A
0
47
TAMPIL
Share on FacebookShare on Twitter

Kendal – Bertempat di aula kantor, Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan pelatihan budaya pelayanan prima (excellant service) dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), dengan mendatangkan narasumber dari BSI cabang Kendal, Senin (6/12).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat, dimana pelayanan prima menjadi target untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan publik. Peningkatan terus menerus harus selalu diasah agar kualitas pelayanan publik semakin meningkat. Peran seluruh jajaran pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal sangat menentukan keberhasilan dan peningkatan mutu pelayanan. Maka keterlibatan dan komitmen bersama harus menjadi fondasi dasar penyusunan Grand Design Reformasi Birokrasi.

Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai unit percontohan reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Jika predikat WBK dan WBBM sudah dicapai, sumber daya di setiap unit layanan harus membudayakan pelayanan prima. Pengembangan budaya pelayanan prima mencakup keseluruhan aspek proses pemberian pelayanan mulai dari sarana dan prasarana pelayanan, sistem informasi yang dibangun, hingga SDM yang memiliki karakteristik nilai-nilai pelayanan.

Menurut Mahrus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, budaya pelayanan prima bukan menjadi hal baru namun sudah melekat dalam diri setiap ASN untuk pelaksanakan tugas pelayanan dengan baik.

“Membangun budaya pelayanan dalam suatu organisasi adalah pekerjaan besar yang melibatkan seluruh komponen dalam organisasi, dimana diharapkan mereka bukan sekedar bekerja, akan tetapi juga mau melibatkan perasaan, pikiran serta mengembangkan perilaku,” ujar H. Mahrus.

Mengembangkan lingkungan kerja yang berorientasi kepada pelayanan yang etis, baik pelayanan eksternal maupun internal merupakan keunggulan yang akan menjadikan suatu instansi sukses di front line.

Disampaikan Abraham Yusuf, selaku narasumber pada kegiatan ini bahwa pelayanan prima pada dasarnya adalah suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi keinginan atau hasrat manusia, baik yang berhubungan dengan sisi customer maupun sebagai pemberi layanan. Maka layanan prima bukan hanya memberikan kepuasan kepada customer saja, malainkan juga usaha untuk menyenangkan yang memberikan layanan. Perilaku pelayanan yang dipengaruhi oleh kejujuran, emosi baik, kepercayaan diri, tanggung jawab, kepatuhan pada kode etik pelayanan dan integritas diri untuk pelayanan berkualitas akan mengahasilkan kualitas etika pelayanan yang sempurna.

“Pelayanan prima senantiasa memenuhi kebutukan customer bahkan mengupayakan melampauinya, dengan kenyamanan yang optimal, mengutamakan keramahan, sopan, santun senyum, salam, sapa dan helpful. Didukung kecakapan dalam berkomunikasi yang baik, kecepatan pelayanan, perhatian yang serius terhadap customer/tamu serta penanganan complain yang baik akan menjadi service yang memiliki nilai tambah, tidak hanya memberikan pengalaman positif kepad acustomer tetapi juga kepada individu pemberi servicr,” jelasnya. (bel)

ShareTweetSend
Artikel Sebelumnya

Siap Bangun ZI, Kemeneg Kendal Tetapkan Agen Perubahan

Artikel Selanjutnya

Kakanwil Monitoring Progres Pembangunan Gedung Workshop MAN Kendal

Artikel Terkait

Simulasi OMI 2025 Digelar di Kabupaten Kendal Selama Tiga Hari
Pendidikan Madrasah

Simulasi OMI 2025 Digelar di Kabupaten Kendal Selama Tiga Hari

oleh adminweb
11 Sep 2025
0

Kendal  (Humas) - Simulasi Olimpiade Madrasah Indonesia (OMI) tahun 2025 telah selesai dilaksanakan. Uji coba ini dilaksanakan selama tiga hari,...

Selanjutnya
Kasi Dikmad Kendal Ingatkan Dukungan Bersama untuk Suksesnya OMI 2025

Kasi Dikmad Kendal Ingatkan Dukungan Bersama untuk Suksesnya OMI 2025

08 Sep 2025
PORSENI Sukses Digelar,  Kepala Kankemenag Kendal Serahkan Piala bagi Para Juara

PORSENI Sukses Digelar,  Kepala Kankemenag Kendal Serahkan Piala bagi Para Juara

18 Jul 2025
Seksi Dikmad Kemenag Kendal Gelar Rakor dan Pembinaan Persiapan Akreditasi untuk Kepala dan Guru RA

Seksi Dikmad Kemenag Kendal Gelar Rakor dan Pembinaan Persiapan Akreditasi untuk Kepala dan Guru RA

30 Jun 2025
Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Kendal menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi juknis penulisan ijazah untuk memastikan ketepatan data

Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Kendal menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi juknis penulisan ijazah untuk memastikan ketepatan data

30 Jun 2025

Sosialisasi E-Ijazah Madrasah oleh Kankemenag Kabupaten Kendal

17 Mar 2025
Artikel Selanjutnya

Kakanwil Monitoring Progres Pembangunan Gedung Workshop MAN Kendal

Pelaksanaan SKB CPNS Lokasi MAN Kendal Lancar

Eratkan Kebhinekaan, Kalirejo Jadi Pelopor Desa Rukun Harmoni

Kategori

Kategori

  • Berita
  • Informasi Penting
  • Pembimbing Masyarakan Hindu
  • Pembimbing Masyarakan Kristen
  • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Pembimbing Masyarakat Islam
  • Pembimbing Masyarakat Islam
  • Pembimbing Masyarakat Katolik
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
  • Pendidikan Madrasah
  • Penerangan Agama Islam Zakat Dan Wakaf
  • Penyelenggara Haji Dan Umroh
  • Profil
  • Slide
  • Tanpa Kategori
  • Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah
Arsip

Arsip

© 2022 Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • Informasi Penting
  • PPID
  • Layanan Umum
  • Kontak
  • Data
  • FAQ

Tidak ada Hasil
Tampilkan Semua Hasil
  • Beranda
  • Profil
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • Sejarah
  • Berita
    • Penyelenggara Haji Dan Umroh
    • Penerangan Agama Islam Zakat Dan Wakaf
    • Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah
    • Pendidikan Agama Islam
    • Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren
    • Pendidikan Madrasah
    • Pembimbing Masyarakan Kristen
    • Pembimbing Masyarakat Katolik
    • Pembimbing Masyarakan Hindu
    • Pembimbing Masyarakat Buddha
  • Informasi Penting
    • Laporan Kinerja Kemenag Kendal
    • Renstra Kemenag Kendal Th 2020-2024
    • Pengumuman Rekrutmen Petugas Haji 2025
    • Pengumuman Seleksi Administrasi Calon Petugas Haji 2025
  • PPID
    • Profil PPID
    • Informasi Berkala
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
    • Informasi Publik
    • Informasi yang dikecualikan
  • Layanan Umum
    • si-lobster (layanan online)
    • Jadwal Shalat
    • LPSE
    • SAPK
    • PUPNS
    • Info Haji
    • SiEKA
    • Informasi Lowongan
  • Kontak
  • Data
    • Data Kepegawaian
    • Data Pendidikan Keagamaan
    • Data Pondok Pesantren
    • Data KUA dan Layanan Keagamaan
    • Data Peristiwa Nikah dan Cerai
    • Data Keagamaan dan Kependudukan
    • Data Haji dan Umrah
  • FAQ

© 2022 Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Translate »
Situs web ini menggunakan cookie. Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda memberikan persetujuan terhadap penggunaan cookie. Kunjungi Kebijakan Privasi dan Cookie kami.
Skip to content
Open toolbar Accessibility Tools

Accessibility Tools

  • Increase TextIncrease Text
  • Decrease TextDecrease Text
  • GrayscaleGrayscale
  • High ContrastHigh Contrast
  • Negative ContrastNegative Contrast
  • Light BackgroundLight Background
  • Links UnderlineLinks Underline
  • Readable FontReadable Font
  • Reset Reset